Pengembangan Konsep E-Government Syariah Berbasis Fiqih Siyasah

Authors

  • Siti Rahma Tiya Universitas Bina Darma
  • Darius Antoni Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.51519/journalita.volume1.isssue3.year2020.page155-172

Keywords:

E-Government,Fiqih Siyasa, Framwork Laravel

Abstract

Konsep E-government merupakan memberikan pelayanan kepada publik demi terjalinya komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Namun demikian masih sering terjadi ketidak seimbangan antara informasi yang di harapkan dengan informasi yang di sajikan oleh pemerintah terutama memlalui media eletronik. Oleh karena itu, pemerintah mengambil peluang menciptakan pelayanan yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi yang disebut e-Government. Konsep e-government dalam tinjauan Hukum Islam lebih mengarah kepada bagaimana cara mendayagunakan metode yang ditawarkan dalam Ilmu Ushul Fikih untuk merumuskan asas-asas Hukum Islam untuk merespon berbagai persoalan yang terjadi dalam pemerintahan. Pengedalian merupakan hal yang harus dilakukan agar tujuan yang telah direnacanakan dapat dilakukan dengan maksimal dalam memcapai target yang di inginkan. Sedangakan Pelaksanaan suatu makanisme atau intraksi antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak-pihak yang terliabat. Kebijakan merupakan suata rangakian konsep dan asas menjadi suatu garis pelaksanan dalam pekerjaan, kebijakan harus ada dalam kehidupan bernegara. Dalam penelitian ini mengunakan Metode Kualitatif yang bersifat deskritip yang mengunakan Analisa dan mengacu pada data, atau bisa dilakukan dengan wawacaran dan observasi. Dalam pengembangan sistem ini meggunakan Framework Laravel dan MySQL sebagai Database. Dengan menggunakan Model MVC (Model View Controler) hasil dari penelitian ini merupakan aplikasi pelayanan terpadu berbasis website guna untuk mempermudahkan pemerintah dalam melakukan kontroling baik dalam semua kegiatan maupun transparansi dana. Selain itu, aplikasi ini juga dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam berpartisipasi serta dalam aplikasi ini juga terdapat layanan publik yang berfungsi untuk mempermudah masyarakat berkomuikasi mau pun menyampaikan pendapat ke pemerintahan

References

A. Bardadi and M. A. Firdaus, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perkuliahan Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, p. 10, 2010.

E. Sudarsono, D. Antoni, and M. Akbar, “Tatakelola Green E-Government Di Kota Palembang,” p. 6, 2018.

A. Sabani, H. Deng, and V. Thai, “Evaluating the Development of E-Government in Indonesia,” p. 5.

“1st Revised IT Governance of E-government in Palembang.en.id.docx.” .

“E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman) (1).pdf.” .

S. Warjiyati, “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan Publik,” HUKUM ISLAM, vol. 18, no. 1, p. 119, Oct. 2018, doi: 10.24014/hi.v18i1.5429.

H. N. Syaddad, “Rancang Bangun Digital Archiving Di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Prototype Model Studi Kasus: Universitas Suryakancana,” p. 9, 2017.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Tiya, S. R., & Antoni, D. (2020). Pengembangan Konsep E-Government Syariah Berbasis Fiqih Siyasah. Journal of Information Technology Ampera, 1(3), 155–172. https://doi.org/10.51519/journalita.volume1.isssue3.year2020.page155-172