Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pelatihan Pada UPTD Balai Latihan Kerja Kota Salatiga

Authors

  • Andhika Dwi Putra Bagaskara Suprapto Suprapto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Charitas Fibriani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.51519/journalita.volume3.isssue3.year2022.page349-369

Keywords:

Apriori Algorithm, Market Basket Analysis, Balai Latihan Kerja

Abstract

Balai Latihan Kerja Kota Salatiga merupakan salah satu instansi yang belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi informasi. Meningkatnya jumlah calon peserta yang akan mendaftar pelatihan, tidak diikuti oleh perubahan pada sistem yang digunakan, kinerja pengelolaan data informasi belum terkomputerisasi, baik dalam segi promosi maupun dalam segi perekrutan peserta pelatihan, sehingga dalam proses pengumpulan data sering terjadi kesalahan pengisian berkas persyaratan pelatihan. Selain itu, bagian administrasi Balai Latihan Kerja Kota Salatiga juga sering kewalahan dalam mengolah data para peserta pelatihan. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu merancang sistem informasi pendaftaran. Penelitian ini menggunakan metode Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori. Algoritma Apriori merupakan salah satu metoda data mining yang bertujuan untuk mencari pola asosiasi berdasarkan pola pendaftaran pelatihan yang dilakukan oleh calon peserta, sehingga bisa diketahui pelatihan apa saja yang diinginkan setelah mengikuti pelatihan pertama. Website diharapkan dapat membantu para petugas Balai Latihan Kerja dalam menangani data peserta pelatihan dan calon peserta  dalam melakukan pendaftaran pelatihan dan dapat mengetahui apa saja pelatihan yang cocok pada saat mendaftar pelatihan pertama dengan pelatihan berikutnya.

References

J. Santony, “Implementasi Data Mining dengan Metode Market Basket Analysis,” J. Teknol. Inf. Pendidik., vol. Vol 5, No1, pp. 56–63, 2012.

B. Santosa, Data mining?: Teknik pemanfaatan data untuk keperluan bisnis / Budi Santosa, 9th ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

M. A. B. Dana Sulistiyo Kusumo and D. Darmantoro, “Data Mining Dengan Algoritma Apriori pada RDBMS ORACLE,” 4 J. Penelit. dan Pengemb. Telekomun., vol. Vol. 8 No., pp. 1–5.

J. N. W. Simarmata, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2010.

H. K. A. Rifqy Alfiyan A, “Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Di Freshfood,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol, vol. 4, no, 2019.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” JIMP - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. Vol 2. No, pp. 54–61, 2017.

Rusdiyanto, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Mengetahui Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Universitas Bale Bandung,” J. Sist. Informasi, J-SIKA, vol. 2, no, 2020.

J. P. jiawei Han, Micheline Kamber, Data Mining: Concepts and Techniques (The Morgan Kaufmann Series in Data Management Systems). Elsevier.

D. I. S. Goldie Gunadi, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Aattern Di Percetakan (fp-growth)?: Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia,” J. Telemat. MKOM, vol. Vol.4 No.1.

S. B. E. Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus?: Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),” J. Tek. Inf., vol. 4, pp. 71–83, 2017.

H. J. and K. Micheline, Data Mining?: Concepts and Techiques. 2006.

M. Hariwijaya, Metodologi Dan Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertai Untuk Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2nd ed. Yogyakarta: Parama Ilmu, 2015.

Nursalam, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis, 5th ed. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Medika Jln. Raya Lenteng Agung No. 101 Jagakarsa.

S. P. Siagian, Kepemimpinan Organisasi&Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung, 2002.

E. T. luthfi Kusrini, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Suprapto, A. D. P. B. S., & Charitas Fibriani. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pelatihan Pada UPTD Balai Latihan Kerja Kota Salatiga. Journal of Information Technology Ampera, 3(3), 349–369. https://doi.org/10.51519/journalita.volume3.isssue3.year2022.page349-369