Desain UI/UX Website Menggunakan Metode Lean UX
DOI:
10.51519/journalita.v5i1.589Keywords:
Desain UI/UX, Lean UX, User Experience QuestionnaireAbstract
Nyemiliciouss adalah usaha yang bergerak di bidang makanan sejak tahun 2022. Selama ini Nyemiliciouss melakukan proses bisnis produk hanya melalui Instagram dan juga dari mulut ke mulut. Dengan penjualan seperti ini dirasakan belum optimal untuk bisa menawarkan produk yang dijual ataupun memasarkan produk secara luas. Nyemiliciouss juga belum memiliki website sehingga sebelum pembuatan website diperlukan desain UI/UX website untuk mengetahui apakah website yang akan dibuat telah sesuai dengan yang diharapkan. Desain UI/UX dibuat dengan menggunakan Figma. Desain UI/UX ini dibuat menggunakan metode Lean UX dengan 4 tahapan yaitu, declare assumptions, create an mvp, run an experiment dan feedback and research. Selanjutnya dilakukan evaluasi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dimana ada 6 indikator yang mengahsilkan indikator daya tarik nilai rata-rata 1,90 kategori “Excellent”, indikator kejelasan nilai rata-rata 1,88 kategori “Good”, indikator efisiensi nilai 1,85 kategori “Good”, indikator ketepatan nilai 1,92 kategori “Excellent”, stimulasi nilai rata-rata 1,70 kategori “Good” dan keterbaruan dengan nilai 1,80 “Excellent”.
Nyemiliciouss is a business that has been operating in the food sector since 2022. So far, Nyemiliciouss has carried out the product business process only through Instagram and also through word of mouth. With sales like this, it is felt that it is not optimal to be able to offer products for sale or market products widely. Nyemiliciouss doesn’t have a website, so before creating a website, a website UI/UX design created using Figma. This UI/UX design was created using the Lean UX method with 4 stages, namely, declare assumptions, create an mvp, run an experiment and feedback and research. Next, an evaluation was carried out using the User Experience Questionnaire (UEQ) where there were 6 indicators which produced an attractiveness indicator with an average value of 1.90 in the “Excellent” category, a clarity indicator with an average value of 1.88 in the “Good” category, an efficiency indicator with a value 1.85 in the “Good” category, accuracy indicator value 1.92 in the “Excellent” category, stimulation average value of 1.70 in the “Good” category and recency with a value of 1.80 “Excellent”.
References
M. L. Akbar, A. Usman, and A. Budiman, “Rancang Bangun Desain Ui/Ux Pada Pembuatan Startup Aplikasi Selfcare Berbasis Website,” J. Ilmu Komput. vol. 2, pp. 158–172, 2023.
T. Wediawati and E. F. Rahmayani, “Implementasi Lean Canvas Pada Startup Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Barbershop,” J. Manaj. Bisnis, vol. 18, no. 1, pp. 108–118, 2021, doi: 10.38043/jmb.v18i1.2793.
A. Sudiwedani and G. S. Darma, “Analysis of the effect of knowledge, attitude, and skill related to the preparation of doctors in facing industrial revolution 4.0,” Bali Med. J., vol. 9, no. 2, pp. 524–530, 2020.
A. Z. Muchtar and S. Munir, “Perancangan Web E-Commerce Umkm Restoran Bakso Arema Menggunakan Framework Laravel,” J. Teknol. Terpadu, vol. 5, no. 1, pp. 26–33, 2019, doi: 10.54914/jtt.v5i1.192.
I. Zainah, Y. Cahyana, and A. Hakim, “Pembuatan Website Untuk Umkm Guna Mempermudah Pembelian,” Abdima J., vol. 2, no. 2, pp. 7560–7564, 2023.
E. W. Sulistyo and S. Sofiana, “Perancangan Desain User Interface/User Experience Web Layanan Informasi Kamus Dengan Metode Lean User Experience (Lean UX) Pada Universitas Pamulang,” BULLET J. Multidisiplin Ilmu, vol. 1, no. 03, pp. 357–368, 2022.
M. Rifky Gifari and M. Awiet Wiedanto Prasetyo, “Perancangan website penjualan dengan metode Lean UX dan User Experience Questionnaire,” J. Teknokompak, vol. 18, no. 2, pp. 368–379, 2024.
M. Hidayat and W. A. Kusuma, “Implementasi Metode Lean-UX dalam Pengembangan Desain Interaksi Pengguna QLife berbasis Android,” J. Repos., vol. 6, no. 1, pp. 49–58, 2024, doi: 10.22219/repositor.v6i1.31816.
J. Gothelf and J. Seiden, “Lean UX: Creating Great Products with Agile Teams,” p. 225, 2015.
S. B. Noviantono, S. H. E. Wulandari, and T. Sagirani, “Analisis Dan Perancangan Ui/Ux Pada Website 3 Pack Surabaya Menggunakan Metode Lean Ux,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 10, no. 2, pp. 164–171, 2023, doi: 10.30656/jsii.v10i2.8097.
M. R. Aimar, M. Defriani, and M. R. Muttaqin, “Redesign Ui / Ux Aplikasi Lazatto Berbasis Mobile Menggunakan Metode Lean Experience ( Studi kasus?: Lazatto Citalang Kabupaten Purwakarta ) Program Studi Teknik Informatika , Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana , Indonesia pada wujud design yang lama d,” vol. 2, no. 5, pp. 62–74, 2024.
M. R. Muhamad Riski and F. D. J. Sofalina, “Perancangan UI/UX Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Cv. Intan Jaya Gemilang Dengan Menggunakan Lean User Experience,” Bul. Ilm. Inform. Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 49–54, 2024, doi: 10.58369/biit.v2i2.46.
M. R. Nabawi, F. Wulandari, N. Safaat, and T. Darmizal, “Penerapan Desain UI/UX Pada Aplikasi Buku Kas Laundry Menggunakan Metode Lean Ux,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 3, pp. 862–872, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i3.5082.
R. Loman and E. Erandaru, “Perbandingan Proses Perancangan Ui/Ux Secara Teori Dan Praktik Saat Internship Di Eyesimple Creative Studio,” J. DKV Adiwarna, no. 121, 2022.
Amata Fami, Sri Yusrina, Athallah Yacob Asy’ari, and Irma RG Barus, “Pengaruh Pemilihan Palet Warna Dalam E-Book Terhadap Representasi Identitas Desa Bigaran, Borobudur,” SENIMAN J. Publ. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 1, pp. 232–241, 2023, doi: 10.59581/seniman-widyakarya.v2i1.2167.
Fahreo Iddo Putera Dewangga, Prisa Marga Kusumantara, and Dhian Satria Yudha Kartika, “Perancangan Ulang UI/UX Website Sistem Informasi Akademik Pada Universitas XYZ Menggunakan Metode Lean UX,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 21–32, 2023, doi: 10.55606/juisik.v3i3.621.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Purwaningtias, Maria Ulfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.