Pengembangan Desain UI/UX Pada Aplikasi Kampanye Sosial Berbasis Mobile Menggunakan Figma Software

Authors

  • Neny Tiara Kusumaningdyah Universitas Merdeka Madiun
  • Sukadi Sukadi Universitas Merdeka Madiun

DOI:

10.51519/journalsea.v3i3.220

Keywords:

User Interface, User Experience, Design Thinking

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kebanyakan selama ini kampanye sosial menggunakan media cetak seperti koran, spanduk, atau brosur untuk menyebarkan informasinya, dan karena saat ini semakin banyak orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan semua hal secara digital, maka dalam penelitian ini akan dibuat sebuah desain user interface atau yang biasanya dikenal dengan desain UI/UX aplikasi kampanye sosial sehingga orang bisa menyuarakan aksinya dengan mengunggahnya di sebuah aplikasi kampanye sosial secara digital. Desain aplikasi kampanye sosial ini memiliki user yang nantinya dapat memilih berbagai “Challenge” yang tersedia sesuai minat, yang bertujuan untuk membantu memotivasi pengguna dalam melanjutkan aksinya hingga masa akhir periode aksi tersebut, selain itu juga dapat meningkatkan ketertarikan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking, di mana memiliki 5 tahapan diantaranya empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Solusi yang dapat berikan antara lain memberikan fitur pop-up notifikasi untuk pengambilan aksi sebagai pengingat, fitur leaderboard, dan fitur share poin kepada teman atau sesama pengguna.

References

Fauzi, A. H., & Sukoco, I. (2019). Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.50

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549

Shirvanadi, E. C., & Moh. Idris, S.Kom, M. K. (2020). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri , 18(1), 364–370. http://hdl.handle.net/11617/11706

Teknologi, I., Angelina, K., Sutomo, E., & Nurcahyawati, V. (2023). Jurnal Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking using Design Thinking Approach. 5, 70–78.

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Kusumaningdyah, N. T., & Sukadi, S. (2022). Pengembangan Desain UI/UX Pada Aplikasi Kampanye Sosial Berbasis Mobile Menggunakan Figma Software. Journal of Software Engineering Ampera, 3(3), 145–152. https://doi.org/10.51519/journalsea.v3i3.220